Pengertian mandi wajib
Yang dimaksud dengan “mandi” di sini
adalah mengalirkan air ke seluruh badan dengan niat.
Firman Allah SWT :
وَاِنْ كُنْتُمْ
جُنُبًافَاطَّهَّرُوْا- المائدة 6
“Dan jika kamu junub,
maka mandilah.”
(Al-Maidah: 6)
Sebab-sebab wajib mandi
Sebab-sebab wajib mandi ada enam, tiga
diantaranya biasa terjadi pada laki-laki dan perempuan, dan tiga lagi khusus
pada perempuan saja.
1. Bersetubuh, baik keluar mani ataupun tidak
Rasulullah SAW bersabda :
اِذَاالْتَقَى الخِتَانَانِ
فَقَدْوَجَبَ الْغُسْلُ وَاِنْلَمْ يُنْزِلْ- رواه
مسلم.
“Apabila dua yang di
khitan bertemu, maka sesungguhnya telah diwajibkan mandi, meskipun tidak keluar
mani.” (Riwayat Muslim)
2. Keluar mani, baik keluarnya karena bermimpi atau
sebab lain dengan sengaja atau tidak, dengan perbuatan sendiri atau bukan.
عَنْ
اُمِّ سَلَمَةَ اَنَّ اُمُّ سُلَيْمٍ قَالَتْ يَارَسُوْلَ اللهِ اَنَّ اللهَ
لَايَسْتَحْىٖ مِنَ الْحَقِّ فَهَلْ عَلَى الْمَرْأَةِ الْغُسْلُ
اِذَااحْتَلَمَتْ؟ قَالَ نَعَمْ اِذَارَأَتِ الْمَاءَ- متفق
عليه
Dari Ummi Salamah. Sesungguhnya Ummi
Sulaim telah bertanya kepada Rasulullah SAW. “Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah
tidak malu memperkatakan yang hak. Apakah perempuan wajib mandi apabila
bermimpi? Jawab beliau, “Ya (wajib atasnya mandi), apabila ia melihat air
(artinya keluar mani).” (Sepakat ahli hadis)
عَنْ
خَوْلَةَ اَنَّهَاسَأَلَتِ النَّبِيَّ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ
الْمَرْأَةِ تَرٰى فِىْ مَنَامِهَامَايَرَى الرَّجُلُ فَقَالَ لَيْسَ
عَلَيْهَاغُسْلٌ حَتّٰى تُنْزِلَ كَمَااَنَّ الرَّجُلَ لَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ
حَتّٰى يُنْزِلَ. رواه أحمدوالنسائ
Dari Khaulah, sesungguhnya ia telah
bertanya kepada Nabi SAW mengenai perempuan yang bermimpi seperti laki-laki
bermimpi. Jawa Nabi, “Ia tidak wajib mandi sehingga keluar maninya, sebagaimana
laki-laki tidak wajib mandi apabila tidak keluar mani.” (Riwayat Ahmad dan Nasai)
3. Mati, orang Islam yang mati, fardu kifayah
atas muslimin yang hidup memandikannya, kecuali orang yang mati syahid.
Rasulullah SAW bersabda :
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِى
الْمُحْرِمِ الَّذِىْ وَقَصَتْهُ نَاقَتُهُ اِغْسِلُوْهُ بِمَاءٍوَسِدْرٍ. رواه
الشيخان
Dari Ibnu Abbas. Sesungguhnya Rasulullah
SAW telah berkata tentang orang berihram yang terlempar dari punggung untanya
hingga ia meninggal. Beliau berkata, “Mandikanlah dia olehmu dengan air dan daur
sidr (sabun).” (Riwayat
Bukhari dan Muslim)
قَالَ
النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِىْ قَتْلٰى
اُحُدٍلَاتَغْسِلُوْهُمْ- رواه احمد
Beliau berkata tentang orang yang mati
dalam peperangan Uhud, “Jangan kamu mandikan mereka.” (Riwayat Ahmad)
4. Haid, apabila seorang perempuan telah
berhenti dari haid, ia wajib mandi agar ia dapat shalat dan dapat bercampur
dengan suaminya. Dengan mandi itu badannya pun menjadi segar dan sehat kembali.
Rasulullah SAW bersabda :
قَلَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِفَاطِمَةَبِنْتِ اَبِىْ
حُبَيْشٍ اِذَااَقْبَلَتِ الْحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلَاةَ وَاِذَااَدْبَرَتْ
فَغْتَسِلِىْ وَصَلِّى- رواه البخارى
Beliau berkata kepada Fatimah binti Abi
Hubaisy, “Apabila datang haid itu, hendaklah engkau tinggalkan shalat, dan
apabila habid haid itu, hendaklah engkau mandi dan shalat.” (Riwayat Bukhari)
5. Nifas, yang dinamakan nifas ialah darah yang
keluar dari kemaluan perempuan sesudah melahirkan anak. Darah itu merupakan
darah haid yang berkumpul, tidak keluar sewaktu perempuan itu mengadung.
6. Melahirkan, baik anak yang dilahirkan itu cukup
umur ataupun tidak, seperti keguguran.
Fardu (rukun) mandi
1.
Niat. Orang yang junub hendaklah berniat (menyengaja) menghilangkan
hadas junubnya, perempuan yang baru selesai haid atau nifas berniat
menghilangkan kotorannya.
2.
Mengalirkan air ke seluruh bandan.
Sunat-sunat mandi
1. Membaca بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ pada permulaan mandi.
2. Berwudhu sebelum mandi.
3. Menggosok-gosok seluruh badan dengan
tangan.
4. Mendahulukan yang kanan dari pada yang
kiri
5. Berturut-turut (urut).
Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.