Banner

Mandi Wajib

Pengertian mandi wajib
Yang dimaksud dengan “mandi” di sini adalah mengalirkan air ke seluruh badan dengan niat.
Firman Allah SWT :
وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًافَاطَّهَّرُوْا- المائدة 6
“Dan jika kamu junub, maka mandilah.” (Al-Maidah: 6)

Sebab-sebab wajib mandi
Sebab-sebab wajib mandi ada enam, tiga diantaranya biasa terjadi pada laki-laki dan perempuan, dan tiga lagi khusus pada perempuan saja.
1.    Bersetubuh, baik keluar mani ataupun tidak
Rasulullah SAW bersabda :
اِذَاالْتَقَى الخِتَانَانِ فَقَدْوَجَبَ الْغُسْلُ وَاِنْلَمْ يُنْزِلْ- رواه مسلم.
“Apabila dua yang di khitan bertemu, maka sesungguhnya telah diwajibkan mandi, meskipun tidak keluar mani.” (Riwayat Muslim)
2.    Keluar mani, baik keluarnya karena bermimpi atau sebab lain dengan sengaja atau tidak, dengan perbuatan sendiri atau bukan.
عَنْ اُمِّ سَلَمَةَ اَنَّ اُمُّ سُلَيْمٍ قَالَتْ يَارَسُوْلَ اللهِ اَنَّ اللهَ لَايَسْتَحْىٖ مِنَ الْحَقِّ فَهَلْ عَلَى الْمَرْأَةِ الْغُسْلُ اِذَااحْتَلَمَتْ؟ قَالَ نَعَمْ اِذَارَأَتِ الْمَاءَ- متفق عليه
Dari Ummi Salamah. Sesungguhnya Ummi Sulaim telah bertanya kepada Rasulullah SAW. “Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu memperkatakan yang hak. Apakah perempuan wajib mandi apabila bermimpi? Jawab beliau, “Ya (wajib atasnya mandi), apabila ia melihat air (artinya keluar mani).” (Sepakat ahli hadis)
عَنْ خَوْلَةَ اَنَّهَاسَأَلَتِ النَّبِيَّ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْمَرْأَةِ تَرٰى فِىْ مَنَامِهَامَايَرَى الرَّجُلُ فَقَالَ لَيْسَ عَلَيْهَاغُسْلٌ حَتّٰى تُنْزِلَ كَمَااَنَّ الرَّجُلَ لَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ حَتّٰى يُنْزِلَ. رواه أحمدوالنسائ
Dari Khaulah, sesungguhnya ia telah bertanya kepada Nabi SAW mengenai perempuan yang bermimpi seperti laki-laki bermimpi. Jawa Nabi, “Ia tidak wajib mandi sehingga keluar maninya, sebagaimana laki-laki tidak wajib mandi apabila tidak keluar mani.” (Riwayat Ahmad dan Nasai)


3.    Mati, orang Islam yang mati, fardu kifayah atas muslimin yang hidup memandikannya, kecuali orang yang mati syahid.
Rasulullah SAW bersabda :
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِى الْمُحْرِمِ الَّذِىْ وَقَصَتْهُ نَاقَتُهُ اِغْسِلُوْهُ بِمَاءٍوَسِدْرٍ. رواه الشيخان
Dari Ibnu Abbas. Sesungguhnya Rasulullah SAW telah berkata tentang orang berihram yang terlempar dari punggung untanya hingga ia meninggal. Beliau berkata, “Mandikanlah dia olehmu dengan air dan daur sidr (sabun).” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
قَالَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِىْ قَتْلٰى اُحُدٍلَاتَغْسِلُوْهُمْ- رواه احمد
Beliau berkata tentang orang yang mati dalam peperangan Uhud, “Jangan kamu mandikan mereka.” (Riwayat Ahmad)

4.    Haid, apabila seorang perempuan telah berhenti dari haid, ia wajib mandi agar ia dapat shalat dan dapat bercampur dengan suaminya. Dengan mandi itu badannya pun menjadi segar dan sehat kembali.
Rasulullah SAW bersabda :
قَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِفَاطِمَةَبِنْتِ اَبِىْ حُبَيْشٍ اِذَااَقْبَلَتِ الْحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلَاةَ وَاِذَااَدْبَرَتْ فَغْتَسِلِىْ وَصَلِّى- رواه البخارى
Beliau berkata kepada Fatimah binti Abi Hubaisy, “Apabila datang haid itu, hendaklah engkau tinggalkan shalat, dan apabila habid haid itu, hendaklah engkau mandi dan shalat.” (Riwayat Bukhari)

5.    Nifas, yang dinamakan nifas ialah darah yang keluar dari kemaluan perempuan sesudah melahirkan anak. Darah itu merupakan darah haid yang berkumpul, tidak keluar sewaktu perempuan itu mengadung.

6.    Melahirkan, baik anak yang dilahirkan itu cukup umur ataupun tidak, seperti keguguran.

Fardu (rukun) mandi
1.    Niat. Orang yang junub hendaklah berniat (menyengaja) menghilangkan hadas junubnya, perempuan yang baru selesai haid atau nifas berniat menghilangkan kotorannya.
2.    Mengalirkan air ke seluruh bandan.
Sunat-sunat mandi
1.    Membaca بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ  pada permulaan mandi.
2.    Berwudhu sebelum mandi.
3.    Menggosok-gosok seluruh badan dengan tangan.
4.    Mendahulukan yang kanan dari pada yang kiri
5.    Berturut-turut (urut).

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.