Sunat – Sunat Shalat

1
Mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ihram sampai tinggi ujung jari sejajar dengan telinga, telapak tangan setinggi bahu, keduanya dihadapkan ke kiblat.

2
Mengangkat kedua tangan ketika akan rukuk, ketika berdiri dari rukuk, dan tatkala berdiri dri tasyahud awal dengan cara yang telah diterangkan pada takbiratul ihram.

عَنِ ابْنِ عُمَرَقَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَاقَامَ اِلَى الصَّلَاةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتّٰى يَكُوْنَابِحَذْوِمَنْكِبَيْهِ ثُمَّ يُكَبِّرُفَاِذَاأَرَادَأَنْ يَرْكَعَ رَفَعَهُمَامِثْلَ ذٰلِكَ وَاِذَارَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَهُمَاكَذٰلِكَ. رواه البخارى ومسلم.
Artinya: Dari Ibnu Umar. Ia berkata, “Apabila Nabi SAW hendak melakukan shalat, beliau mengangkat kedua belah bahunya, kemudian baru beliau takbir. Apabila hendak rukuk, beliau mengangkat kedua tangannya seperti demikian; dan apabila bangun dari rukuk, beliau angkat pula kedua tangannya seperti demikian.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

وَلَايَفْعَلُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ وَلَايَرْفَعُهُمَابَيْنَ السَّجْدَتَيْنَ. رواه سلم
Artinya: Beliau tidak mengangkat kedua tangan ketika bangkit dari sujud, dan tidak pula ketika duduk antara dua sujud. (Riwayat Muslim)

اِذَاقَامَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الرَّكَعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ. رواه البخارى.
Artinya: Apabila beliau berdiri dari rakaat yang kedua, beliau mengangkat kedua tangannya. (Riwayat Bukhari)

3
Meletakkan telapak tangan kanan di atas ounggung tangan kiri, dan keduanya diletakkan di bawah dada. Menurut sebagian ulama diletakkan di bawah pusat.

وَعَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍصَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنٰى عَلٰى يَدِهِ الْيُسْرٰى عَلٰى صَدْرِهِ. رواه ابن خزيمة
Artinya : Dari Wail bin Hujrin, “Saya telah shalat beserta Rasulullah SAW beliau meletakkan tangan kanan beliau di atas tangan kirinya di atas dada beliau.” (Riwayat Ibnu Khuzaimah)

4
Melihat ke arah tempat sujud, selain pada waktu membaca :

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ.
dalam tasyahud. Ketika itu hendaklah melihat ke telunjuk.

5
Membaca doa iftitah sesudah takbiratul ihram, sebelum membaca Al-Fatihah. Lafadznya :

6
Membaca ta’awud sebelum membaca bismillah. Lafadznya :
اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. رواه أبو سعيدالخدرى.
Artinya : Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. (Riwayat Abu Sa’id Al-Khudri)
Firman Allah SWT :
فَاِذَاقَرَأْتَ الْقُرْاٰنَ فَاسْتَعِذْبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. سورة النحل ۹۸
Artinya: “Apabila kamu membaca Al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (An-Nahl: 89)

Diam sebentar sebelum membaca Al-Fatihah dan sesudahnya.

عَنْ سَمُرَةٍ كَانَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْكُتُ سَكْتَةً اِذَافَرَغَ مِنْ قِرَاءَةِ الْفَاتِحَةِ. رواه أحمد والنسائى
Artinya: Dari Samurah, “Nabi SAW diam sebentar apabila sudah takbir dan apabila sudah selesai dari membaca Al-Fatihah,” (Riwayat Abu Dawud)

7
Membaca amin sehabis membaca Fatihah. Sebelum membaca amin disunatkan pula membaca :
رَبِّ اغْفِرْلِىْ
Kalau Al-Fatihah dibaca dengan suara keras, amin juga demikian. Sebaliknya kalau Al-Fatihah tidak dibaca keras, amin pun tidak dibaca keras.
Rasulullah SAW :

اِذَاقَالَ الْاِمَامُ: وَلَاالضَّٓالِّيْنَ فَقُوْلُوْا آمِيْنَ فَاِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَقُوْلُ آمِيْنَ وَالْاِمَامُ يَقُوْلُ آمِيْنَ فَمَنْ وَافَقَ تَأْمَيْنَ الْمَلَائِكَةِ غُفِوَمَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. رواه أحمد والنسائى
Artinya: “Apabila imam berkata walad-dallin, hendaklah kamu berkata amin. Maka sesungguhnya malaikat berkata amin pula, dan imam juga berkata amin. Maka barang siapa yang sama-sama amin-nya dengan amin malaikat, diampuni dosanya yang telah lalu.” (Riwayat Ahmad dan Nasai)

8
Membaca surat atau ayat Qur’an bagi imam atau orang yang shalat sendiri, sesudah membaca Al-Fatihah pada dua rakaat yang pertama (Ke-1 dan ke-2) dalam tiap-tiap shalat. Surat atau ayat yang dibaca dalam rakaat pertama hendaklah lebih panjang daripada yang dibaca dalam rakaat kedua, dan kedua surat itu hendaklah berurutan sebagaimana dalam Al-Qur’an.

عَنْ اَبِىْ قَتَادَةَ اَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِىْ الْاُوْلَيَيْنِ بِأُمِّ الْكِتَابِ وَسُوْرَتَيْنِ وَفِى الرَّكْعَتَيْنِ الْاُخْرَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَيُسْمِعُنَاالْاٰيَةَ اَحْيَانًاوَيُطَوِّلُ فِى الرَّكْعَةِ الْاُوْلىٰ مَالَايُطِيْلُ فِى الثَّانِيَةِ وَهٰكَذَافِى الْعَصْرِوَهٰكَذَافِى الصُّبْحِ- رواه البخارى ومسلم.
Artinya: Dari Qatadah, “Sesungguhnya Nabi SAW membaca Al-Fatihah dan dua surat pada dua rakaat yang pertama waktu shalat dzuhur. Pada dua rakaat yang akhir (ke-3 dan ke-44) beliau membaca Al-Fatihah saja; ayat yang beliau baca itu sewaktu-waktu (kadang-kadang) beliau perdengarkan kepada kami; ayat yang beliau baca dalam rakaat pertama lebih pajang daripada yang beliau baca dalam rakaat kedua.Demikian pula pada saat shalat ashar dan pada shalat subuh.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

9
Sunat bagi makmum mendengarkan bacaan imamnya.
Firman Allah SWT:
وَاِذَاقُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْالَهٗ. الاعراف ٢ٜ٤
Artinya: “Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik.” (Al-A’Raf: 204)
Sabda Rasulullah SAW:
اِذَاكُنْتُمْ خَلْفِىْ فَلَاتَقْرَءُوْااِلَّابِاُمِّ الْقُرْاٰنِ.
Artinya: Apabila kamu shalat di belakang saya (mengikuti saya), maka janganlah kamu baca apa-apa selain Ummul-Qur’an (Al-Fatihah).” (Riwayat Turmudzi)

10
Mengeraskan bacaan pada shalat Subuh dan pada dua rakaat yang pertama pada shalat Maghrib dan Isya, begitu juga shalat Jum’at, shalat Hari Raya, Tarawih dan Witir dalam bulan Ramadhan, beralasan dengan amal Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh bukhari.

11
Takbir tatkala turun dan bangkit, selain ketika bangkit dari rukuk.

12
Ketika bangkit dari rukuk membaca:
سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ.

13
Tatkala i’tidal membaca:
رَبَّنَاوَلَكَ الْحَمْدُ.

عَنْ اَبِىْ هُرَيْرَةُ كَانَ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَاقَامَ اِلَى الصَّلَاةِ يُكَبِّرُحِيْنَ يَقُوْمُ ثُمَّ يُكَبِّرُحِيْنَ يَرْكَعُ ثُمَ يَقُوْلُ (سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ) حِيْنَ يَرْفَعُ صُلْبَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ ثُمَّ يَقُوْلُ رَهُوَقَائِمٌ (رَبَّنَاوَلَكَ الْحَمْدُ) ثُمَّ يُكَبِّرُحِيْنَ يَهْوِىْ سَاجِدًا ثُمَّ يُكَبِّرُحِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ ثُمَّ يُكَبِّرُحِيْنَ يَسْجُدُثُمَّ يُكَبِّرُحِيْنَ يَرْفَعُ الثَّانِيَةَ ثُمَّ يَفْعَلُ ذٰلِكَ فِىْ رَكْعَاتِ الصَّلَاةِ كُلِّهَاوَيُكَبِّرُحِيْنَ يَقُوْمُ مِنَ الثِّنْتَيْنِ بَعْدَ الْجُلُوْسِ لِلتَّشْهُدِالْاَوْسَطِ. رواه البخارى ومسلم.
Artinya: Dari Abu Hurairah. Rasulullah SAW apabila berdiri untuk shalat, beliau takbir ketika berdiri, takbir ketika rukuk, kemudian membaca sami’allahu liman hamidah ketika bangki dari rukuk, lalu membaca rabbana walakal-hamdu ketika i’tidal. Beliau takbir ketika turun akan sujud, kemudian takbir ketika bangun dari sujud, lalu takbir lagi ketika sujud kedua dan ketika bangkit dari sujud. Baliau lakukan demikian pada semua rakaat shalat, dan beliau takbir ketika berdiri dari rakaat yang kedua sesudah tasyahud pertama.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

14
Meletakkan dua telapak tangan di atas lutut ketika rukuk. Keterangan yaitu amal Rasulullah SAW (Riwayat Bukhari dan Muslim)

15
Membaca tasbih 3x ketika sujud. Lafadz tasbih adalah sebagai berikut:
سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيْمِ. رواه مسلم.
Artinya: “Mahasuci Tuhanku Yang Mahaagung.” (Riwayat Muslim)

16
Membaca tasbih 3x ketika sujud. Lafadznya sebagai berikut:
سُبْحَانَ رَبِّىَ الْاَعْلٰى. رواه مسلم وأبوداود.
Artinya: Mahasuci Tuhanku Yang Mahatinggi.” (Riwayat Muslim dan Abu Dawud)

17
Membaca doa ketika duduk diantara dua sujud. Lafadznya:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُوْلُ بَيْنَ السَجْدَتَيْنِ اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ وَارْحَمْنِىْ وَجْبُرْنِىْ وَهْدِنِىْ وَارْزُقْنِىْ. رواه الترمذى وأبوداود.
Artinya: Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi SAW membaca di antara dua sujud: ‘Ya Allah, ampunilah aku, berilah rahmat kepadaku, cukupilah aku, pimpinlah aku, dan berilah rezeki kepadaku’,” (Riwayat Turmudzi dan Abu Dawud)

18
Duduk iftirasyi[1] (bersimpuh) pada semua duduk dalam shalat, kecuali duduk akhir. Keterangannya yaitu amal Rasulullah SAW (Riwayat Turmudzi)

19
Duduk tawarruk[2] di duduk akhir. Keterangannya adalah amal Rasulullah SAW (Riwayat Bukhari)

20
Duduk istirahat (sebentar) sesudah sujud kedua sebelum berdiri. Beralasan kepada amal Rasulullah SAW (Riwayat Bukhari)

21
Bertumpu pada tanah tatkala hendak berdiri dari duduk. Keterangannya amal Rasulullah SAW (Riwayat Bukhari)

22
Memberi salam yag kedua, hendaklah menoleh ke sebelah kiri sampai pipi yang kiri itu kelihatan dari belakang.

23
Ketika memberi salam hendaklah diniatkan memberi salam kepada yang di sebelah kanan dan kirinya, baik terhadap manusia maupun malaikat. Imam memberi salam kepada makmum, dan makmum berniat menjawab salam imam.



[1] Duduk di atas mata kaki kiri, tapak kaki kanan ditegakkan, ujung jari kaki kanan dihadapkan ke kiblat.
[2] Seperti Iftirasy juga, tetapi tapak kakinya yang kiri dikeluarkan ke sebelah kanan, dan pantatnya sampai ke tanah.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.