Rukun Shalat (Bag.5)


Rukun Shalat
8. Duduk diantara dua sujud serta tuma-ninah (diam sebentar)
Rasulullah SAW bersabda:
ثُمَّ اسْجُدْحَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًاثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًاثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا. رواه البخارى ومسلم.
Artinya: “Kemudian sujudlah engkau hingga diam untuk sujud, kemudian bangkitlah engkau hingga diam untuk duduk, kemudian sujudlah engkau hingga diam pula untuk sujud.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

9. Duduk Akhir
Untuk tasyahud akhir, shalawat atas Nabi SAW dan atas keluarga beliau, keterangan yaitu amal Rasulullah SAW (beliau selalu duduk ketika membaca tasyahud dan shalawat).

10. Membaca tasyahud akhir
Lafadz tasyahud:
عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍقَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَاصَلّٰى اَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: اَلتَّحِيَّاتُ لِلّٰهِ وَصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ اَيُّهَاالنَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلسَّلَامُ عَلَيْنَاوَعَلٰى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلًّااللهُ وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ثُمَّ لِيَتَخَيَّرْمِنَ الدُّعَاءِ اَحَبَّهُ اِلَيْهِ. رواه البخارى ومسلم.
Artinya: “Dari Ibnu Mas’ud. Rasulullah SAW berkata, “Apabila salah seorang di antara kamu shalat, hendaklah ia membaca tasyahud: ‘Segala kehormatan, segala doa, dan ucapan-ucapan yang baik kepunyaan Allah. Mudah-mudahan turunlah sejahtera atasmu hai Nabi, dan begitu juga rahmat Allah dan karunia-Nya. Mudah-mudahan dilimpahkan pula sejahtera atas kita sekalian dan atas hamba Allah yang saleh-saleh (baik-baik). Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang sebenar-benarnya melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-Nya.” Sambungan hadits: “Kemudian hendaklah ia memilih doa yang dikehendakinya.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Ada lafadz lain yang diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Dawud, dari Ibnu Abbas, yaitu:
اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلّٰهِ اَلسَّلَامُ عَلَيْكَ اَيُّهَاالنَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلسَّلَامُ عَلَيْنَاوَعَلٰى عِبَدِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ. رواه أبوداود عن ابن عباس.

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.