Sunat Adzan dan Iqamah

1) Orang adzan dan iqamah hendaklah menghadap ke kiblat.
2) Hendaklah berdiri, arena dengan berdiri itu lebih pantas dalam arti pemberitahuan.
Rasulullah SAW bersabda :
يَابِلَالُ قُمْ فَنَادِبِالصَّلَاةِ- رواه مسلم
Artinya :
“Hai bilal, berdirilah, lalu adzanlah untuk shalat.” (Riwayat Muslim)
3) Hendaklah dilakukan di tempat yang tinggi, agar lebih jauh terdengar.
4) Muazin hendaklah orang yang keras dan baik suaranya, agar lebih banyak menarik pendengar untuk datang ke tempat shalat.
Rasulullah SAW bersabda :
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَبْدِ اللهِ بْنِ زَيْدٍ: أَلْقِهِ عَلىٰ بِلَالٍ فَاِنَّهُ اَنْدٰى صَوْتًامِنْكَ- رواه أبوداود.
Artinya :
Rasulullah SAW telah berkat kepada Abdullah bin Zaid, “Ajarkanlah lafaz adzan kepada Bilal, karena sesungguhnya suaranya lebih keras dan lebih baik daripada suaramu.” (Riwayat Abu Dawud)
5) Muadzin hendaklah suci dari hadas dan najis.
6) Membaca shalawat atas Nabi SAW sesudah selesai adzan, kemudian berdoa dengan do’a ini :
اَللهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ اۤتِ مُحَمَّدً نِ الْوَسِيْلَةَوَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدًانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ- رواه أحمد وأبوداود والترمذى
Artinya :
“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna ini dan shalat yang sedang didirikan ini, berilah Nabi Muhammad SAW derajat yang tinggi dan pangkat yang mulia, dan berilah dia kedudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.” (Riwayat Bukhari dan lain-lainnya)
7) Disunatkan membaca doa di antara adzan dan iqamah.
Rasulullah SAW bersabda :
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكِ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اَلدُّعَاءُ لَايُرَدُّبَيْنَ الْاَذَانِ وَالْاِقَامَةِ- رواه أحمد وأبوداود والترمذى
Artinya :
Dari Anas bin Malik. Ia berkata, “Rasulullah telah berkata, ‘Doa (Permintaan) di antara adzan dan iqamah tidak ditolak’.” (Riwayat Ahmad, Abu Dawud dan Tirmizi)


Pendengar adzan hendaklah turut pula menyebut dengn perlahan-lahan seperti kalimat azan yang diucapkan muadzin, kecuali sewaktu mudzin menyebutkan kalimat :
حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ
Hayya ‘alas-salah, hayya ‘alal-falah
Yang mendengan hendajlah membaca :
لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّابِاللهِ.
La haula wala quwwata illa billah.
Begitu juga yang mendengar iqamah, hendaklah turut membaca apa-apa yang dibaca muadzin, kecuali sewaktu ia membaca:
قَدْقَامَتِ الصَّلَاةُ.
Qad qamatis-salah,
Yang mendengar hendaklah membaca :
اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا.
Aqamahallahu wa adamaha
Rasulullah SAW bersabda :
اِذَاسَمِعْتُمُ النِّدَاءَفَقُوْلُوْامِثْلَ مَايَقُوْلُ الْمُؤَذِّنُ. رواه البخارى ومسلم- وفى رواية مسام اسْتِثْنَاءُ الْحَيَّعَلَتَيْنِ فَيَقُوْلُ السَّامِعُ لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّابِاللهِ.
Artinya  : “Apabila kamu mendenganr adzan, hendaklah kamu berkata seperti yang dikatakan oleh muadzin.” (Riwayat Bukhori dan Muslim). Pada riwayat Muslim dikataan, kecuali sewaktu mendengar Hayaa ‘alas-salah. Hayya ‘alal-falah, maka yang mendengar hendaklah berkata la haula wala quwwata illa billah.” (Riwayat Abu Dawud)

عَنْ شَهْرِبْنِ حُوْشَبٍ اَنَّ بِلَالًااَخَذَفِى الْاِقَامَةِ فَلَمَّااَنْ قَالَ قَدْقَامَتِ الصَّلَاةُ قَالَ النَّبِيُّ الصَّلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا- رواه أبوداود.
Artinya : Dari Syahar bin Husyab, “Sesungguhnya Bilal telah qamat (iqamah). Tatkala ia mengucapkan qad qamatis-salah, Rasulullah SAW menyebutkan aqamahallahu wa adamaha.” (Riwayat Abu Dawud)

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.