Pengertian Adzan

Asal makna adzan ialah “memberitahukan”. Yang dimaksud di sini ialah “memberitahukan bahwa waku shalat telah tiba dengan lafaz yang ditentukan oleh syara’”. Dalam lafaz adzan itu terdapat pengertian yang mengandung beberapa maksud penting, yaitu sebagai akidah, seperti adanya Allah Yang Maha Besar bersifat Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya; serta menerangkan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah yang cerdik dan bijaksana untuk menerima wahyu dari Allah. Sesudah kita bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah dan Nabi Muhammad utusan-Nya, kita diajak menaati perintah-Nya, yakni mengarjakan shalat, kemudian diajaknya pula pada kemenangan dunia dan akhirat. Akhirnya disudahi dengan kalimat tauhid.

Adzan dimaksudkan untuk memberitahukan bahwa waktu shalat telah tiba dan menyerukan untuk melakukan shalat berjamaah. Selain itu untuk meyiar agama Islam dimuka umum.
Firman Allah Swt. :
يٰۤاَيُّهَاالَّذِيْنَ اٰمَنُوْاۤاِذَانُوْدِىَ لِلصَّلوٰةِمِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْااِلٰى ذِكْرُوا الْبَيْعَ ذٰلِكُمْ خَيْرٌلَّكُمْ اِنْكُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ. (سورة الجمعة ۹)
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, apabila deseru untuk menunaikan shalat pada hari jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah (pada) dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al-Jumu’ah: 9)

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.