Sujud Tilawah


Sujud tilawah artinya sujud bacan. Disunatkan sujud bagi orang yang membaca ayat-ayat Sajdah, begitu juga orang yang mendengarnya. Apabila orang yang membacanya sujud, maka yang mendengar atau makmum sujud pula; tetapi apabila yang membacanya tidak sujud, yang mendengar tidak disunatkan sujud pula.
Rasulullah SAW bersabda:
عَنْ اَبِىْ هُرَيْرَةَ قَالَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَاقَرَأَابْنُ اٰدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَاعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِىْ يَقُوْلُ يَاوَيْلَتَااُمِرَابْنُ اٰدَمَ بِالسُّجُوْدِفَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةَ وَاُمِرْتُ بِالسُّجُوْدِ فَعَصَيْتُ فَلِيَ النَّارُ. رواه مسلم.
Artinya: Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi SAW telah berkata, “Apabila manusia membaca ayat Sajdah, kemudian ia sujud, menghindarlah setan dan ia menangis seraya berkata, ‘Hai celaka! Anak Adam (manusia) disuruh sujud, lantas ia sujud, maka baginya surga; dan saya disuruh sujud juga, tetapi saya enggan (tidak mau), maka bagi saya nerka”. (Riwayat Muslim)

عَنِ ابْنِ عُمَرَاَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُعَلَيْنَاالْقُرْاٰنَ فَاِذَمَرَّبِالسَّجْدَةِ كَبَّرَوَسَجَدَوَسَجَدْنَامَعَهُ. رواه الترمذى.
Artinya: Dari Ibnu Umar, “Sesungguhnya Nabi SAW pernah membaca Qur’an di depan kami. Ketika bacaannya sampai pada ayat Sajdah, beliau takbir, lalu sujud, maka kami pun sujud bersama-sama beliau.” (Riwayat Tirmidzi)

Rukun sujud tilawah
Rukun sujud tilawah di luar shalat, yaitu: (1) Niat, (2) Takbiratul ihram, (3) Sujud, (4) Memberi salam sesudah duduk.

Syarat-syarat sujud tilawah
Syarat-syarat sujud tilawah sebagaimana syarat shalat, seperti suci dari hadas dan najis, menghadap ke kiblat serta menurut aurat.
Ini pendapat sebagian ulama. Mereka mendasarkan keadaan sujud itu sebagaimana keadaan dalam shalat. Sebagian ulama yang lain berpendapat tidak disyaratkan suci dari hadas dan tidak pula diharuskan suci pakaian dan tempat.

Ayat-ayat sajdah
1.
وَلَهٗ يَسْجُدُوْنَ
Akhir surat Al-A’raf
2.
بِالْغُدُوِّوَالْاَ٘صَالِ
Ayat 15 surat Ar-Ra’d
3.
وَيَفْعَلُوْنَ مَايُؤْمَرُوْنَ
Ayat 50 surat An-Nahl
4.
وَيَزِيْدُهُمْ خُشُوْعًا
Ayat 109 surat Al-Isra’
5.
خَرُّوْاسُخَّدًاوَّبُكِيًّا
Ayat 58 surat Maryam
6.
اِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَايَشَ٘اءُ
Ayat 18 surat Al-Hajj
7.
لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
Ayat 77 surat Al-Hajj
8.
وَزَادَهُمْ نُفُوْرًا
Ayat 60 surat Al-Furqan
9.
رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ
Ayat 26 surat An-Naml
10.
وَهُمْ لَايَسْتَكْبِرُوْنَ
Ayat 15 surat As-Sajdah
11.
وَخَرَّرَاكِعًاوَاَنَابَ
Ayat 24 surat Sad
12.
وَهُمْ لَايَسْأَمُوْنَ
Ayat 15 surat Hamim
13.
فَاسْجُدُوْاللهِ وَاعْبُدُوْا
Di akhir surat An-Najm
14.
لَايَسْجُدُوْنَ
Ayat 21 surat Al-Insyiqaq
15.
وَاسْجُدْوَقْتَرِبْ
Akhir surat Al-‘Alaq

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.