Sebagian ulama mengatakan bahwa shalat berjamaah itu
adalah fardu ‘ain (wajib ‘ain), sebagian berpendapat bahwa shalat
berjamaah itu adalah fardu kifayah, dan sebagian lagi berpendapat sunah
muakkad (sunah yang dianjurkan). Yang akhir inilah hokum yang lebih layak,
kecuali shalat Jum’at. Menurut kaidah persesuaian beberapa dalil dalam masalah
ini, seperti yang telah disebutkan di atas, pengarang Nailul Autar
berkata, “Pendapat yang seadil-adilnya dan lebih dekat kepada yang betul ialah
shalat berjamaah itu sunah muakkad.”
Bagi laki-laki, shalat lima waktu berjamaah di
masjid lebih baik daripada shalat berjamaah di rumah; kecuali shalat sunah,
maka di rumah lebih baik. Bagi perempuan, shalat di rumah lebih baik karena hal
itu lebih aman bagi mereka.
Sabda Rasulullah SAW :
صَلُّوْااَيُّهَاالنَّاسُ فِىْ بُيُوْتِكُمْ فَاِنَّ
اَفْضَلَ الصَّلَاةِ صَلَاةُ الْمَرْءِفِى بَيْتِهِ اِلَّا الْمَكْتُوْبَةَ. رواه البخارى ومسلم
Artinya : “Hai manusia, shlatlah kamu di rumah
kamu masing-masing. Sesungguhnya sebaik-baik shalat ialah shalat seseorang di
rumahnya, kecuali shalat lima waktu (maka di masjid lebih baik).” (Riwayat
Bukhari dan Muslim)
Sabda Rasulullah SAW :
لَاتَمْنَعُوْانِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ
وَبُيُوْتُهُنَّ خَيْرٌلَهُنَّ. رواه أبوداود.
Artinya: Janganlah kamu melarang
perempuan-perempuanmu ke masjid, walaupun rumah mereka (perempuan) lebih
baik bagi mereka buat beribadah.” (Riwayat Abu Dawud)
3 comments
shalat di rumah tanpa alasan madarat sangat di benci rosul
BalasLebih baik sholat berjaamah di masjid dari pada solat sendiri di rumah.
Balaskalau di mesjid bisa mendapat 27 derajat, kalau di rumah sendirian satu derajat pun belum pasti,
Balasjadi lebih baik berjamaah di mesjid.
Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar untuk kemajuan blog ini.